DPMD Kabupaten Tapanuli Utara
063320740

Daftar Capaian Penggunaan Dana Desa Selama 4 Tahun
12 Maret 2019 Admin
Pembangunan jalan desa
Selasa, 12 Maret 2019



JAKARTA - Salah satu program prioritas yang dikerjakan pemerintah di era Jokowi-JK sejak 2015 adalah tentang kucuran dana desa yang hingga saat ini telah mencapai Rp187 triliun.

Dari total tersebut anggaran untuk dana tersebut sepanjang 2015 mencapai Rp20,7 triliun, 2016 Rp47 triliun, 2017 Rp50 triliun, 2018 Rp60 triliun dan pada 2019 naik menjadi Rp70 triliun beserta dana kelurahan yang mencapai Rp3 triliun.

Infrastruktur pertanian

Presiden menegaskan dana desa yang dikucurkan dibangun untuk infrastruktur pertanian seperti pembangunan irigasi dan pembangunan embung diklaim telah dirasakan warga desa di seluruh Indonesia.

Kepala negara mengklaim selama ini kucuran dana desa telah sampai dan terealisasi. Hanya saja, dia mengingatkan kepada para kepala desa untuk hati-hati dan menggunakan dana tersebut sesuai prosedur.

Dana desa dinaikan

Diklaim program dana desa berjalan sukses, Jokowi meminta dana tersebut untuk tahun ini dinaikkan, seiring tingkat kepuasan masyarakat 85 persen puas terhadap pengelolaannya.

 

Namun, ia berharap dana yang sudah ditransfer ke desa jangan sampai dikembalikan lagi ke Jakarta alias tidak terpakai. Oleh karena itu, dana desa harus digunakan untuk pembangunan desa yang kebutuhan materialnya dibeli dari desa itu sendiri.

Namun jika material di desa tersebut tidak ada, maka bisa membeli dari desa tetangga atau dalam lingkup kecamatan lokasi desa tersebut berada.

“Karena apa, kita ingin dana yang tadi sampai akhir tahun ini beredar terus di desa-desa jangan sampai keluar dari desa itu. Muter terus berputar, berputar di desa itu,” kata Jokowi.

“Jangan sampai uang Rp257 triliun yang sudah diserahkan langsung kepada desa kembali kembali lagi ke Jakarta,” tambahnya.

Pengembangan wisata desa

 

Selain pembangunan infrastruktur desa, kucuran dana juga diharapkan bisa digunakan untuk pengembangan wisata desa. Misalnya, beberapa desa yang telah berhasil membangun wisata desa antara lain di Umbul Ponggok, Klaten yang bisa memberikan pendapatan Rp14 miliar dalam setahun.

...

Aplikasi

...

Tautan Lain

wwwwww